in ,

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental kita adalah hal yang penting dalam kehidupan kita.

CakapCakapCakap People! Kondisi kesehatan mental memengaruhi kemampuan kita untuk berpikir, merasakan, bertindak, menangani stres, dan membuat pilihan.

Menjaga kesehatan mental kita adalah hal yang penting dalam kehidupan kita. Mudah merasa depresi, stres, atau cemas merupakan gejala gangguan mental yang paling umum. 

Dilansir dari Times Now News, berikut ini adalah kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental, juga mengurangi risiko penyakit mental:

Jalani gaya sehat

Olahraga, tidak merokok, menjaga asupan nutrisi juga diet sehat, tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga memiliki hubungan langsung dengan kesehatan mental. Olahraga akan mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh, yang membantu meningkatkan suasana hati.

Kelebihan konsumsi gula, lemak, dan makanan tidak sehat lainnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi. Karenanya, diet yang sehat dapat membantu menjaga risiko gangguan mental.

Mindfulness

Mindfulness adalah suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu atau masa depan. Ada berbagai cara meningkatkan mindfulness, bisa dengan meditasi, menuliskan hal-hal positif yang dirasakan dan dialami, selalu bersyukur dan mengapresiasi diri sendiri.

Mindfulness merupakan sesuatu yang sangat penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi atau menderita penyakit mental apa pun. Sebab mindfulness bisa membantu pikiran lebih fokus pada keadaan saat ini, tanpa perlu khawatir tentang hal-hal lain yang bisa mengacaukan pikiran.

Istirahat cukup

Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental. Banyak orang yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang baik. Tidur itu memulihkan, baik bagi tubuh maupun pikiran.

Jika kamu mulai sulit tidur, mulailah lakukan hal-hal yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Misalnya mandi sebelum tidur, atur lampu kamar yang sesuai, pastikan tidak ada suara yang bisa mengganggu, dan simpan ponsel minimal satu jam sebelum tidur.

Berdamai dengan diri sendiri

Jika kamu sering merasa gelisah, cemas dan takut, cobalah untuk meletakkan ponsel pintar kamu setidaknya untuk sementara waktu setiap hari. Putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia maya, dan cobalah terhubung dengan batin kamu sendiri.

Cobalah pahami apa yang dirasakan oleh diri kamu sendiri. Ingatlah bahwa langkah pertama untuk mencegah gangguan mental adalah berdamai dengan diri sendiri.

Terhidrasi

Hampir semua masalah kesehatan dapat diselesaikan dengan tetap terhidrasi, dan tampaknya itu juga berlaku untuk kesehatan mental. Dari masalah kulit dan rambut hingga gangguan kesehatan yang serius, hidrasi dapat membantu hampir semua hal.

Penelitian telah menunjukkan efek signifikan hidrasi pada kesehatan mental dan suasana hati. Karena itu, cobalah untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

Comments

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Penyakit yang Bakal Muncul di Tahun Tikus Logam, Waspadailah!

Tips Aman Goreng Tahu agar Minyak Tidak Nyiprat, Cobain yuk!