4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang

4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang

Jepang, sebagai negara yang penduduknya sangat dekat dengan teknologi ini memiliki basis pengguna smartphone yang sangat besar. Terkait dengan teknologi dan smartphone, ada beberapa hal yang membuat Jepang berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia. Di sana, smartphone tak hanya menghubungkan penduduk Jepang dengan media sosial, berita online, dan video game.

Namun, ada 4 hal yang membuat smartphone begitu berguna dalam mempermudah kehidupan masyarakat di Jepang. Apa saja 4 hal itu? Simak artikel berikut!

Tidak Berbicara Transportasi Umum

4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang
sumber: giphy

Jika kamu pertama kali pergi ke Jepang atau merupakan seseorang yang tidak terbiasa dengan sistem transportasi umum Jepang, kamu mungkin akan terkejut dengan kenyataan bahwa orang-orang Jepang menghindari untuk mengangkat telepon di kereta api, bus, dan sarana transportasi lainnya.

Mereka lebih memperhatikan lingkungan mereka dan berhati-hati untuk menyebabkan segala bentuk ketidaknyamanan kepada orang lain dengan cara apa pun yang mungkin untuk dilakukan. Ini adalah salah satu masalah paling penting yang muncul selama percakapan tentang kesopanan Jepang, etiket publik, atau privasi.

Anti-Nyasar! Ini Dia Cara Naik Kereta di Jepang

Tidak Menggunakan Hands-Free

4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang
sumber: giphy

Jika kamu pergi ke negara lain di Asia atau Amerika, kamu akan melihat orang-orang berbicara sendiri menggunakan teknologi hands-free yang sekarang sudah tersedia. Di Jepang, jika kamu berjalan di jalanan Jepang, kamu akan jarang melihat seseorang tanpa earphone atau headphone.

Uniknya, sebagian besar pengguna ponsel pintar di Jepang sangat menahan diri untuk tidak melakukan panggilan dengan menggunakan hands-free. Mungkin hal ini masih berkaitan dengan menghormati privasi atau agar tidak tampak seolah-olah mereka sedang berbicara dengan seseorang yang imajiner.

‘Aruki-sumaho’ dan Bagaimana Cara Menghadapinya

4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang
sumber: giphy

Berjalan sambil menelepon dan mengirim pesan teks atau menonton video dengan menatap layar adalah masalah luas yang dilakukan banyak orang, terutama anak muda, di seluruh dunia. Di Jepang, ada istilah “Aruki-sumaho” yang artinya adalah “moving smartphone” untuk mendeskripsikan perilaku ini.

Yang menarik di sini adalah cara orang Jepang mengatasi masalah ini dan bahayanya, karena kamu dapat melakukan kesalahan dan melukai seseorang dengan kurang memperhatikan ke mana kamu pergi.

Percaya atau tidak, ada aplikasi yang dirancang untuk menghentikan kamu dari menyakiti diri sendiri atau orang lain, saat kamu menggunakan smartphone ketika bergerak di ruang publik. Bahkan perusahaan seperti Docomo, misalnya, telah mengembangkan fitur ponsel dengan opsi keamanan, yang mengirim pesan untuk menghentikan dan membatasi penggunaan ponsel kamu, jika kamu menjadi “aruki sumaho”.

Pemerintah Jepang juga telah meluncurkan kampanye dengan merilis iklan dan video untuk menyebarkan kesadaran, dan ini tampaknya bekerja dengan baik karena saat ini banyak orang yang memilih untuk menggunakan ponsel mereka hanya ketika mereka berdiri atau duduk.

Ketekunan di Tempat Kerja

4 Hal Unik Kebiasaan Smartphone di Jepang
sumber: giphy

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, perusahaan Jepang memberi banyak hal penting pada etika kerja seperti ketekunan. Kamu tidak seharusnya membuang waktu dan diharapkan untuk hanya melakukan tugas yang ditugaskan dengan kerja keras dan semangat. Bahkan jika kamu melirik layar ponsel kamu walau sedikit selama rapat akan membuat marah banyak orang di kantormu.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan telepon, kamu selalu dapat meminta seseorang untuk mengizinkan kamu keluar dalam waktu singkat. Namun, hal ini tidak boleh dianggap sebagai stereotip bahwa orang-orang Jepang sangat ketat, karena ini hanya berlaku di industri tertentu dan akhir-akhir ini menjadi sangat umum bagi perusahaan untuk memiliki lingkungan kerja yang fleksibel.

Ingin Bekerja di Luar Negeri Setelah Kuliah di Sana? Cek Tempat Ini!

Misalnya, beberapa perusahaan game sekarang mengizinkan karyawan mereka untuk menggunakan perangkat elektronik mereka.

Keempat kebiasaan pengguna ponsel pintar di Jepang ini hanyalah beberapa dari banyak hal menarik yang patut diketahui. Jadi, jika kamu sekolah atau traveling di Jepang, penting untuk mengikuti etika yang berlaku agar kamu dapat meminimalisir masalah.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google