4 Film Hollywood yang Terinspirasi Godzilla, Monster Tokusatsu Paling Ikonik

tokusatsu

Penggemar franchise Godzilla akhirnya dapat menyaksikan pertempuran klimaks antara para kaiju dalam film “Godzilla: King of the Monsters” yang dirilis beberapa bulan lalu. Godzilla bukan sekadar raja dari para monster, tetapi juga merupakan salah satu monster tokusatsu paling terkenal.

Tokusatsu (特撮) memiliki arti “efek spesial”. Istilah Jepang ini digunakan untuk menggambaran film live-action yang banyak menggunakan efek khusus dan sering dikaitkan dengan film-film Jepang bergenre fiksi ilmiah, fantasi, atau horor.

Salah satu jenis tokusatsu yang paling populer adalah kaiju. Kaiju merupakan monster dalam serial Tokusatsu dengan ukuran raksasa. Sejumlah serial kaiju ternama antara lain Ultraman dan Super Sentai. Namun, yang pertama kali mempopulerkan tokusatsu, khususnya film kaiju di Jepang, adalah Godzilla.

Sejak sang kadal raksasa pertama kali menghantam layar lebar pada tahun 1954, Godzilla telah banyak menginspirasi para pembuat film untuk menghasilkan monster-monster penerusnya.

65 tahun telah berlalu sejak debutnya, para penggemar kaiju (monster raksasa) telah disuguhi banyak makhluk raksasa memukau dengan berbagai kisah dan bentuk. Ada yang muncul karena eksperimen ilmiah, beberapa merupakan alien dari planet luar, sebagian mencerminkan ketakutan manusia atas ancaman eksistensial, dan yang lainnya hanya ingin menimbulkan kekacauan. 

Berikut … film dengan monster pewaris takhta sang monster kondang tokusatsu, Godzilla.

Jurassic Park (1993)

jurassic park

Welcome to Jurassic Park”. Siapa yang tak familiar dengan film Jurassic Park? Walaupun sudah berusia hampir 30 tahun, film ini tetap melekat di hati para penggemarnya. 

Merupakan salah satu film blockbuster yang paling digemari, film arahan Steven Spielberg ini kini sudah memiliki franchise-nya sendiri. Sang sutradara mengakui bahwa Godzilla merupakan inspirasi bagi Jurassic Park, khususnya Godzilla, King of the Monsters! (1956), film yang ia tonton saat tumbuh dewasa.

Spielberg menggambarkan Godzilla sebagai “film dinosaurus paling ulung karena membuat yang menonton percaya bahwa itu benar-benar terjadi”. 

Belajar Bahasa Jepang jadi Lebih Menarik Lewat 5 Film Ini

The Host (2006)

the host 2006

Sudah nonton Parasite? Film ini merupakan hasil garapan dari sutradara yang sama yaitu Bong Joon-ho. The Host bercerita mengenai sebuah keluarga Korea yang berusaha menyelamatkan anak bungsunya diculik oleh suatu monster yang muncul dari Sungai Han. 

Disebut-sebut sebagai penerus Godzilla atau Godzilla versi Korea, The Host masuk dalam daftar film terlaris dalam pasar perfilman Korea. Uniknya, monster dalam film ini tidak memiliki nama dan hanya memiliki sebutan “goemul” (괴물) yang berarti monster.

Cloverfield (2008)

Cloverfield (2008)

Bukan hanya Jurassic Park, film kaiju Hollywood produksi J. J. Abrams yang satu ini juga sudah menjadi franchise. Menggunakan teknik found footage, Cloverfield mengisahkan sekelompok warga New York yang merekam kehancuran kotanya karena serangan suatu makhluk raksasa.

J.J. Abrams menjelaskan bahwa Cloverfield terinspirasi dari Godzilla. Ketika ia berkunjung ke Tokyo bersama anaknya, mereka mengunjungi sejumlah toko mainan dan melihat bahwa mainan Godzilla selalu ada di setiap toko.

Walaupun film pertamanya keluar pada tahun 1954, Godzilla tetap menjadi salah satu ikon budaya pop Jepang. Ingin menyajikan monster yang juga ikonik bagi Amerika Serikat, Abrams menyuguhkan Cloverfield.

8 Genre Anime Seru untuk Belajar Bahasa Jepang

Pacific Rim (2013)

pacific rim

Pacific Rim mengisahkan mengenai pertarungan antara sebuah makhluk mengerikan yang disebut Kaiju dengan robot raksasa yang dikembangkan oleh manusia, Jaegers. Film ini lahir dari kecintaan para orang di balik layar terhadap monster kaiju, salah satunya Godzilla. 

Sang sutradara, Guillermo del Toro, sudah sejak lama menjadi penggemar sinema kaiju Jepang. Tak hanya del Toro saja, penulis naskahnya, Trevor Beacham juga menyebut “Godzilla” dan “Jurassic Park” sebagai elemen yang menginspirasi film monster versus robot ini. Beacham menyatakan bahwa saat tumbuh dewasa, ia terobsesi dengan monster seperti Godzilla.

Nah, itulah film-film Hollywood yang terinspirasi dari sang monster tokusatsu. Jika kamu ingin mengeksplorasi lebih dalam film atau serial tokusatsu atau kaiju dengan mengunjungi film-film aslinya yang berasal dari Jepang. 

Supaya pengalaman menontonmu lebih terasa nyata, kamu bisa belajar bahasa Jepang secara online lewat Cakap. Selain bisa belajar secara dua arah, kamu juga bisa mendiskusikan film-film tokusatsu favoritmu dalam forum online di fitur Cakap Expert. Yuk, coba sekarang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google