3 Strategi Mengerjakan Reading Tes TOEFL Dengan Cepat dan Efektif

persiapan toefl

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah TOEFL (Test of English as a Foreign Language), yang merupakan salah satu syarat utama kalau ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tiga jenis tes TOEFL yang paling umum adalah PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), dan IBT (Internet Based Test). 

Nah, dalam mengerjakan tes TOEFL itu sendiri, ada 4 bagian yang harus kamu kerjakan yaitu Listening, Grammar Structure dan Written Expression, Reading, dan Writing. Mengerjakan keempat bagian ini dengan soal yang banyak tentu merupakan sebuah tantangan terlebih karena waktu yang diberikan sangat terbatas. 

Salah satu aspek yang menjadi kendala adalah bagian Reading, karena terdapat 4 sampai 6 teks dengan masing-masing 7 sampai 14 pertanyaan. Durasinya pun hanya sekitar 60-100 menit, sehingga mau tidak mau kamu harus memiliki kemampuan membaca dengan cepat. Tetapi, bagaimana caranya bisa membaca cepat namun tetap teliti sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan benar? Berikut adalah strateginya!  

Menguasai Teknik Skimming dan Scanning

Bagi kamu yang belum tahu, kedua teknik ini sangat bermanfaat lho untuk membaca secara efektif dan efisien. Apa sih bedanya kedua Teknik tersebut? Kalau Teknik Skimming atau yang dalam bahasa Indonesia nya sekilas, kamu hanya perlu mencari ide utama dan gagasan pokok secara keseluruhan dari sebuah teks. 

Sementara dengan Scanning atau sepintas, setelah membaca pertanyaan yang berkaitan dengan teks kamu bisa mencari informasi tertentu atau kata kuncinya di teks tanpa perlu membaca semuanya. 

Latihan Membaca Setiap Hari 

Dengan berlatih setiap hari, pastinya kemampuan membacamu secara cepat akan meningkat. Cukup sekitar 15-30 menit, kamu bisa mencoba untuk membaca 3 sampai 4 artikel secara rutin. Lebih baik lagi kalau artikel yang kamu baca memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tiap harinya, baik secara isi materi atau kosa kata. Jangan lupa untuk menghitung kecepatan membaca mu juga dengan menggunakan timer, stopwatch, atau sejenisnya. 

Gunakan Finger Tracking Untuk Membantu

Agar tidak ada yang terlewat, kamu bisa menggunakan system finger tracking saat membaca, yaitu gerakan jari dari awal sampai akhir teks mengikuti alur kamu membaca. Selain itu, sewaktu membaca dengan finger tracking hindari membunyikan kata atau vokalisasi, cukup baca dalam hati. Cara yang satu ini juga membantu kamu untuk membaca lebih cepat. 

Setelah mengetahui ketiga strategi tersebut, tentu masih banyak hal lain yang harus kamu persiapkan sehingga bisa lulus ujian TOEFL dengan nilai tinggi. Banyak kegiatan sehingga kamu tidak sempat mengikuti kursus konvensional? Tenang saja, karena sekarang kamu bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL di Cakap! Selain akses dua arah dengan pengajar, kamu juga mendapat materi pembelajaran yang sesuai kemampuanmu.

Selain TOEFL, kamu juga bisa ikut persiapan TOEIC dan simulasi tes-nya.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google