Bosan di Rumah? Berikut 15 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan

dirumahaja

Hari pertama libur, asyik banget! Hari ketiga, mulai bosan. Hari ketujuh? Wah, mati gaya! Dengan anjuran social-distancing, self-quarantine, serta belajar atau bekerja dari rumah, banyak orang pun merasa mulai bosan karena tidak bisa keluar rumah, bertemu teman, melakukan aktivitas, dan sebagainya. 

Kata-kata “Duh, bosen banget!” pasti udah sering banget kamu dengar atau baca, baik dari teman atau lewat media sosial. Iya sih, di rumah tetap belajar dan bekerja. Tapi habis itu ngapain ya? 

Kamu Sudah Punya Kode Cakap 15%

dari Cakap dan Tempo?

Bosen sama aktivitas yang itu-itu aja? Berikut beberapa aktivitas alternatif yang bisa kamu lakukan selama di rumah.

Mewarnai

source: giphy.com

Siapa bilang mewarnai cuma buat anak kecil? Sekarang banyak lho buku mewarnai untuk orang dewasa! Kalau kamu udah punya bukunya tapi belum mulai-mulai, ini waktunya! Kalau gak punya, tenang. Di internet ada banyak template mewarnai untuk orang dewasa yang bisa kamu download.

Menurut studi, mewarnai pola-pola gambar yang kompleks bisa menjadi cara untuk mengurangi rasa khawatir. Kalau situasi beberapa minggu terakhir ini membuat tingkat kekhawatiran dan stresmu lebih tinggi dari biasanya, aktivitas ini boleh banget kamu coba.

Baca berita biar up-to-date

Akhir-akhir ini, informasi yang simpang siur mungkin bikin kamu merasa stres atau overwhelmed. Nah ngomong-ngomong soal baca, kamu sukanya baca apa? Novel? Buku Non-fiksi? Atau berita biar tetap up-to-date?. Jika kamu lebih suka baca berita, kamu bisa coba kontrol sumber-sumber informasi yang kamu akses. Pastikan medianya jelas dan terpercaya misalnya dari media yang kredibel seperti Tempo yang bisa kamu akses melalui aplikasinya di ponsel.

Cakap dan Tempo hadir untuk mendukung hari-harimu. Dapatkan akses gratis 30 hari ke TEMPO Digital bagi seluruh Sobat Cakap yang telah melakukan pembelian paket belajar 6 bulan ke atas dengan menggunakan kode di bawah ini.

Jalan di sekitar rumah

Walaupun lagi di rumah aja, jangan lupa berolahraga ya, Sobat Cakap! Ternyata, berjalan itu gak hanya bagus untuk kesehatan fisik tapi juga untuk kesehatan mental! Kalau menurut studi, berjalan santai bisa membuatmu jadi lebih senang, kreatif, dan mengurangi rasa bosan!

Kamu bisa jalan di sekitar rumah saat pagi supaya mendapatkan sinar matahari atau jika gak memungkinkan bisa juga jalan di dalam rumah. Kalau kamu memutuskan untuk jalan di luar, ingat untuk menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain ya. 

Yoga

Stres karena kerja atau belajar dari rumah? Badan jadi kaku-kaku? Coba yoga deh. Gak cuma bagus untuk peregangan badan dan kesehatan, yoga juga bisa meningkatkan mood dan rasa percaya diri, serta mengurangi stres dan rasa khawatir. 

Yoga ini bisa kamu lakukan kapan saja. Di pagi hari sebelum mulai kerja, ataupun di penghujung hari setelah seharian beraktivitas. Ada banyak video dan aplikasi yoga yang bisa kamu coba di rumah. Tinggal kamu pilih aja yang sesuai dengan keinginanmu. 

Chat atau Video call bareng teman

Di rumah aja bikin kamu merasa jadi manusia goa? Social distancing bukan berarti kamu jadi gak punya kehidupan sosial lho. Coba telepon, chat, atau video call dengan teman atau keluargamu. 

Percaya deh, kamu bukan satu-satunya yang merasa bosan kok! Kemungkinan besar, teman-temanmu juga merasakan hal yang dengan yang kamu rasakan. Nah, dengan kontakan dengan teman atau keluarga, kamu jadi gak merasa bosan dan sendiri lagi. Selain itu, riset juga bilang kalau social support ini bisa membuat kamu lebih tahan terhadap stres. 

Nonton film atau series

source: giphy.com

Kalau kamu punya banyak waktu luang, aktivitas yang satu ini dijamin bikin waktu jadi gak berasa! Coba keluarin catetan atau note film-film atau series yang ingin kamu tonton tapi belum sempet. 

Kalau misal biasanya kamu perlu menghabiskan 1-2 jam di jalan, karena sekarang di rumah 1-2 jam tersebut bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal yang menyenangkan seperti menonton. Supaya lebih seru, kamu bisa bikin challenge atau watch list sendiri. Misalnya nonton semua film pemenang Oscar 10 tahun terakhir. 

Baca buku

Membaca buku merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu yang terasa panjang lho. Kalau kamu punya hobi baca buku cuma selama ini gak punya waktu untuk benar-benar rutin melakukannya,sekarang kamu punya waktu dan bisa mulai melanjutkan buku yang udah lama gak kamu sentuh. 

Atau kalau kamu gak biasa membaca buku, kamu bisa memulai hobi atau kebiasaan baru nih! Dengan membaca buku, apalagi yang cerita atau topiknya kamu sukai, kamu jadi bisa lebih rileks, santai, serta belajar hal baru bahkan melatih imajinasi dan kreativitas!

Baca Juga : Rekomendasi Film dan Buku Belajar Bahasa Inggris

Beres-beres kamar

“Beresinnya nanti aja deh pas lagi ada waktu kosong?” Pernah ngomong kalimat ini? Nah sekarang waktu kosongnya udah ada! Waktunya beres-beres kamar. Rapikan meja belajar atau meja kerjamu. Kalau berantakan, kamu pasti jadi gak mood dan akhirnya jadi gak produktif. 

Bersihin debu-debu yang nempel di meja. Buang hal-hal yang gak perlu. Lemari baju berantakan? Rapikan dan susun lagi biar kamu gak bingung nyarinya dan akhirnya cuma pakai baju yang itu-itu aja. Bisa mulai dengan mencari cara melipat baju yang mudah dan praktis di Youtube. Dijamin waktu gak terasa akan lewat begitu saja!

Bikin konten

Kalau kamu suka curhat, bikin konten-konten lawak, atau membagikan informasi lewat media sosial, kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk benar-benar bikin konten yang bagus. Apalagi saat ini semua orang sedang aktif-aktifnya di media sosial. 

Kamu bisa bikin konten yang bermanfaat atau menghibur buat orang lain, misalnya membuat konten lucu-lucuan di Tiktok atau membagikan rekomendasi filmmu di Instagram. Siapa tau ini bisa berlanjut jadi sesuatu yang lebih serius dan bisa menghasilkan uang tambahan. 

Rapikan dokumen-dokumen

Setelah berbulan-bulan gak dirapikan, akhirnya kertas-kertas mulai menumpuk di atas meja. Mulai dari kertas coretan yang gak penting sampai dokumen-dokumen penting seperti fotokopi ijazah dan catatan keuangan. Wah gawat kan kalau sampai hilang!

Ini waktunya membereskan dokumen-dokumen yang berserakan. Simpan dokumen-dokumen penting di dalam folder. Beri label di tiap folder supaya lebih mudah saat kamu mencarinya. Gak cuma dokumen-dokumen fisik aja, jangan lupa rapikan dokumen-dokumen di laptop atau komputer yang menumpuk. Hapus file-file yang kurang penting. Rapikan email-mu. Intinya, bereskan semua dokumen biar saat belajar atau kerja juga jadi lebih plong

Masak

source: giphy.com

Masak merupakan salah satu survival skill yang penting lho! Kalau kamu biasanya cuma bisa masak telur atau indomie, coba deh mulai belajar masak makanan-makanan yang lebih 4 sehat 5 sempurna. 

Gak harus yang ribet. Kamu bisa cari resep-resep sederhana dari internet. Sekarang belanja sayuran juga bisa kamu lakukan secara online. Apalagi untuk kamu yang tinggal sendiri atau ngekos, skill ini akan berguna banget buatmu. 

Self-care

Kalau biasa kamu gak sempet untuk perawatan karena pagi-pagi udah harus siap-siap dan berangkat ke kantor, kamu bisa gunakan waktumu untuk sedikit memanjakan diri sekarang. Kalau biasanya kamu suka lupa cuci muka, mulai rutin cuci muka 2 kali sehari. 

Supaya wajah lebih halus, pakai face mask dan moisturizer. Biar kulit gak kering karena sering cuci tangan, pakai pelembab sebelum tidur. Terapkan rutinitas skin care yang dari dulu ingin kamu coba. Self-care bisa juga kamu lakukan dengan meditasi agar pikiran lebih tenang. Intinya, lakukan hal-hal yang membuat sehat secara fisik dan mental.

Menanam tanaman

Menanam tanaman dan melihat tanaman itu tumbuh gak cuma bikin kamu merasa puas, tapi juga edukatif dan baik untuk lingkungan. Sebelumnya kamu bisa coba cari tahu dulu tanaman apa yang kira-kira cocok untuk kamu tanam, baik dari luas tempat yang dibutuhkan hingga berapa lama waktu yang diperlukan untuk menanamnya. Kalau kamu belum pernah menanam tanaman selain tauge, bisa mulai dari tanaman-tanaman yang perawatannya praktis. 

Belajar hal baru

Udah melakukan banyak aktivitas tapi masih aja bosan? Mungkin kamu butuh hal baru. Kamu bisa belajar hal-hal baru yang menurutmu menarik tapi selama ini belum pernah kamu coba, misalnya belajar membuat kepang, membuat origami bentuk burung, atau cara main ukulele.

Siapa tau kamu jadi bisa menambah 1 skill baru? Eh tapi gak harus selalu mengarah ke situ kok! Hal-hal sederhana atau yang kelihatannya kurang penting seperti belajar origami pun bisa menjadi cara untuk menghabiskan waktu dengan lebih seru dan kreatif. 

Baca Juga : 10 Skill Ini Paling dibutuhkan Tahun 2020, Sudah Siap?

Main Mainan Jadul

source: giphy.com

Bosan di rumah bikin kamu liatin smartphone melulu. Mau mengurangi screen time, tapi bingung mau ngapain. Media sosial di handphone, game juga di handphone. Cari hiburan apa lagi nih?

Coba cari-cari mainan lama yang udah lama gak pernah kamu mainkan. Misalnya kamu masih punya lego atau puzzle. Atau kalau kamu masih simpan file game komputer yang kamu sering mainkan waktu kecil, bisa juga kamu mainkan. Jadi game kamu lebih bervariasi dibanding cuma terpaku sama aplikasi di handphone aja. 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google