Exclusive E-Book: Belajar Dasar Bahasa Korea Untuk Pemula Dengan Mudah

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula

Belajar Bahasa Korea tidak hanya bisa kamu dapatkan lewat mendengarkan lagu korea, menggunakan aplikasi belajar Bahasa Korea, atau menonton drakor kesayangan kamu saja, lho. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tentunya GRATIS yaitu lewat membaca e-book Belajar Bahasa Korea untuk pemula dari Cakap kali ini. Isi yang akan kamu dapatkan sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar dari nol atau kamu yang ingin belajar memahami bahasa asing tersebut lebih jauh lagi. 

E-book ini akan terunduh ke file Download di perangkat yang kamu gunakan. Untuk mendapatkannya, kamu hanya perlu mengisikan alamat e-mail dan nama agar file juga terkirimkan ke alamat e-mail kamu, ya. 

Kalau kamu penasaran dengan apa saja yang akan didapatkan pada e-book belajar bahasa Korea untuk pemula tersebut, kami akan berikan beberapa cuplikan materi yang akan kamu dapatkan pada penjelasan di bawah ini. Simak selengkapnya!

Bagian 1 | Bahasa Korea

Introduksi: Berkenalan dengan Bahasa Korea

Bahasa Korea atau Hangeul Korea merupakan bahasa resmi yang digunakan di Korea Selatan dan Korea Utara. Selain dituturkan oleh bangsa Korea, bahasa Korea secara luas juga dituturkan di Yanbian, Tiongkok Timur Laut. 

Kalau bicara soal dunia, sedikitnya ada 78 juta orang yang menuturkan bahasa Korea. Para penutur bahasa Korea ini pun tersebar di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Kanada. Dengan jumlah penutur yang begitu banyak, bahasa Korea pun didapuk menjadi salah satu bahasa paling populer dan menempati urutan ke-12 di dunia.

Beberapa ahli mengategorikan bahasa Korea sebagai kelompok bahasa Altaik. Meski begitu, bagi banyak orang bahasa Korea dianggap sebagai bahasa isolat.

Fakta Menarik Tentang Bahasa Korea

Terlepas dari popularitasnya yang terus meluas ke seluruh dunia, bahasa Korea memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut beberapa fakta menarik tentang bahasa Korea.

1. Bahasa Korea memiliki sistem honorifik

2. Peringatan hari Hangeul

3. Korea memiliki 2 sistem perhitungan

Bagian 2 | Hangeul Korea

Apa Itu Hangeul Korea

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, Korea memiliki alfabetnya sendiri yang disebut dengan Hangeul Korea. Alfabet ini diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443. 

Hangeul Korea terdiri dari 24 huruf dasar atau jamo yang terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Selain huruf vokal dasar dan konsonan dasar, huruf Korea juga memiliki huruf vokal rangkap dan huruf konsonan rangkap. Kalau Sobat Cakap baru belajar bahasa Korea untuk pemula, kamu bisa mulai dari sini.

Huruf Vokal Dasar

Cara belajar bahasa Korea harus dilakukan secara bertahap dan berurutan. Untuk bahasan Hangeul Korea sendiri, Sobat Cakap bisa memulainya dengan mengenal huruf vokal dasar.

No.

Huruf

Bunyi

Pengucapan

1

a

Seperti a pada “ayam”

2

ya

Seperti ya pada “yakin”

3

eo 

Seperti o pada “omong”

4

yeo

 

5

o

Seperti o pada “orang”

6

yo

Seperti pada “yoyo”

7

u

 

8

yu

 

9

eu/u

Seperti e pada “elang”

10

i

Seperti i pada “ikan”

Pada e-book belajar Bahasa Korea untuk pemula kamu akan mendapatkan tabel Hangeul lengkap yang terdiri dari : 

  • Huruf Vokal Rangkap
  • Huruf Konsonan Dasar
  • Huruf Konsonan Rangkap 
  • Huruf Konsonan Akhir
  • Cara menulis Hangeul Korea yang Benar (lengkap dengan tahapan-tahapannya)

Bagian 3 | Kosakata Bahasa Korea

Cara belajar bahasa Korea yang paling efektif adalah melalui percakapan. Namun sebelum masuk ke percakapan sehari-hari bahasa Korea, Sobat Cakap tentu harus tahu kosakata apa yang biasa diucapkan. Berikut beragam kosakata bahasa Korea yang paling mendasar yang perlu Sobat Cakap ketahui.

HangeulLatinArtinya
안녕하세요Annyeong haseyoApa kabar? (Informal)
안녕하십니까?Annyeong hasimnikka?Apa kabar? (Formal)
안녕히 계세요Annyeonghi gyeseyoSelamat tinggal! (Informal)
안녕히 계십시오Annyeonghi gyesipsiyoSelamat tinggal! (Formal)
어떻게 지냅니까 ?Eoteokhe Jinaemnikka?Bagaimana kabar Anda? (formal)
실례합니다SillyehamnidaPermisi (Formal).
여보세요YeoboseyoHallo/untuk telepon (Informal).
아니오, 없어요Aniyo, opsoyoTidak, tidak ada (Informal).
만납시다Tto mannapsidaSampai bertemu lagi

Pada bagian selanjutnya kamu akan mempelajari kosakata yang wajib diketahui ketike belajar bahasa Korea. Contoh di atas merupakan 10 kosakata dari beberapa tabel kosakata bahasa Korea dasar yang kamu bisa dapatkan dalam ebook kali ini. Kata-kata tersebut bisa kamu mulai terapkan dan gunakan baik untuk percakapan secara verbal atau sekedar chat bersama teman.

Eits, tidak perlu khawatir karena kosakata bahasa Korea dan artinya yang ada di e-book ini sudah dikategorikan ke dalam beberapa kategori seperti :

  • Kosakata bahasa Korea Sehari-hari
  • Cara perkenalan diri
  • Penyebutan dan kata ganti orang
  • Kosakata yang terkait dengan obrolan aktivitas sehari-hari
  • dan masih banyak lagi

Tabel terdiri dari tiga kolom mulai dari kosakata yang dituliskan dalam Hangeul, Cara membaca (Latin), dan arti kata tersebut dalam Bahasa Indonesia. 

Bagian 4 | Struktur Kalimat

Penjelasan Struktur Kalimat

Struktur kalimat bahasa Korea pada dasarnya mirip seperti bahasa-bahasa lain. Namun jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia, strukturnya memang ada beberapa perbedaan. 

Pola umum struktur kalimat bahasa Korea yang biasanya digunakan untuk percakapan bahasa korea adalah Subjek – Objek – Kata Kerja. Untuk kata benda, angka dan kata keterangan, penempatannya sebelum kata sifat dan/atau kata kerja. Jadi setelah belajar Kosakata Bahasa Korea, Sobat Cakap bisa mulai beralih ke belajar struktur kalimat.

Terdapat 5 jenis struktur kalimat yang akan kamu pelajari 

1. Subjek-Objek-Predikat (S-O-P)

2. Subjek-Keterangan-Objek-Predikat (S-K-O-P)

3. Keterangan-Subjek-Objek-Predikat (K-S-O-P)

4.Objek-Keterangan-Predikat (O-K-P)

5. Subjek-Keterangan-Predikat (S-K-P)

Kamu bisa melihat contoh, rumus, dan cara implementasi kelima struktur kalimat bahasa Korea tersebut pada e-book belajar Bahasa Korea Gratis dari Cakap kali ini.

Jadi, tunggu apalagi. Tekan tombol di bawah ini untuk dapatkan e-book Belajar Bahasa Korea untuk Pemula secara GRATIS dari Cakap sekarang!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat